Jum. Jul 30th, 2021

Setiap orang wajib memiliki asuransi kesehatan, tak peduli berapa usia ataupun pekerjaan Anda, bahkan untuk anggota keluarga yang tidak tergolong usia produktif juga harus memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang dapat mengcover atau membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit ketika Anda jatuh sakit atau terkena musibah. Asuransi kesehatan sangat penting dimiliki sejak dini, mengingat penyakit dan musibah bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja.

 

Namun sayangnya tak sedikit orang yang menganggap bahwa asuransi kesehatan tidak begitu penting dan menganggap sebagai investasi mahal. Padahal asuransi kesehatan bukan hanya proteksi kesehatan diri dan keluarga, tetapi juga melindungi keuangan Anda di masa depan, artinya ketika Anda jatuh sakit tiba-tiba, anda tidak perlu memikirkan biayanya bagaimana.

 

Jenis Asuransi Kesehatan

Sebelum membeli asuransi kesehatan, anda perlu mengetahui jenis asuransi kesehatan terlebih dahulu. Setiap jenis tersebut memang memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan perlindungan terbaik untuk anda dan keluarga, namun ada beberapa yang membedakan. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut jenis asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui yaitu:

 

1. Berdasarkan Perawatannya

Asuransi kesehatan dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan perawatannya yaitu rawat inap serta rawat jalan. Sesuai dengan namanya, asuransi rawat inap melayani perawatan yang anda butuhkan selama berada di rumah sakit. Adapun untuk asuransi rawat jalan adalah layanan perawatan tanpa menginap di klinik atau rumah sakit

 

2. Berdasarkan Metode Pembayaran

Jenis asuransi kesehatan dibagi menjadi dua metode pembayaran yaitu cashless atau reimbursement. Jenis asuransi kesehatan cashless adalah layanan yang melakukan pembayaran tagihan melalui kartu asuransi kesehatan.

 

Sedangkan asuransi kesehatan reimbursement adalah layanan yang melakukan pembayaran menggunakan uang pribadi terlebih dahulu, lalu Anda bisa mengajukan klaim pada pihak asuransi untuk menggantikan biaya yang anda keluarkan. Kedua hal tersebut tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, yang terpenting biaya perawatan dan pengobatan tetap ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.

 

3. Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Jenis asuransi kesehatan juga dibedakan berdasarkan pihak yang ditanggung apakah individu atau kelompok. Semakin banyak orang yang diberikan perlindungan maka semakin tinggi premi yang harus dibayarkan.

 

Asuransi kesehatan bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap penanggung. Misalnya jika Anda merupakan pegawai kantoran, Anda diwajibkan mengikuti polis asuransi kesehatan yang sudah dipilih kantor dan pembayarannya dipotong melalui gaji bulanan Anda. Keluarga Anda yang tidak mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor bisa mendaftar atau membeli asuransi sendiri.

 

4. Berdasarkan Biaya Tanggungan

Dilihat dari biaya tanggungan asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis yaitu tanggungan total serta tanggungan tertinggi. Tanggungan total artinya biaya meliputi semua biaya perawatan dengan lengkap, mulai dari pemeriksaan sampai biaya rawat inap. Adapun jenis asuransi kesehatan tanggungan tertinggi yaitu biaya yang ditanggung adalah biaya yang besar, misalnya hanya biaya opname saja, dan pemeriksaan lainnya tidak ditanggung asuransi. Jika anda ikut BPJS kesehatan, Anda bisa lihat biaya yang ditanggung.

 

5. Berdasarkan Badan Penyelenggara

Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara, jenis asuransi kesehatan dibagi dua yaitu asuransi kesehatan dari pemerintah seperti BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan badan swasta. Kedua hal tersebut tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

 

Itulah 5 jenis asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli asuransi yang cocok atau tepat untuk diri Anda dan keluarga. Dengan asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang kaya saat sakit tanpa perlu memusingkan biaya.

By Husain