Sab. Mar 6th, 2021

Apabila ada yang menanyakan terkait seberapa penting kamera 360 derajat pada sebuah mobil, maka hanya ada satu jawaban pasti: Tergantung apa yang menjadi kebutuhan pengemudi. Sebagaian pengemudi mobil mengatakan, bahwa penggunaan kamera 360 tidak terlalu urgen untuk dipasang di mobil. Tetapi, sebagian pengemudi lainnya beranggapan bahwa penggunaan kamera 360 amat penting.

Terkait keputusan, semua kembali kepada pengemudi masing-masing bukan? Tetapi kali ini, kami akan mengulas terkait kegunaan kamera 360 derajat pada sebuah mobil. Dengan ini, anda bisa menentukan keputusan yang bijak.

Fungsi kamera 360 derajat pada mobil

Apabila ditinjau dari aspeng penting atau tidak penting, maka panggunaan kamera 360 terbilang cukup penting untuk dipasang. Apalagi, bagi mobil yang memiliki ukuran cukup besar, seperti SUV, hatchback, minibus, dan lain-lain. Akan tetapi, untuk mobil berkuran kecil tetap perlu dipertimbangkan dipasang.

Secara kegunaan, adanya kamera 360 derajat pada sebuah mobil bisa memudahkan pengemudi dalam melihat kondisi di berbagai arah sekeliling mobil dengan efektif. Atau dengan kata lain, hal ini berkaitan dengan upaya keselamatan pengemudi mobil. Adanya kamera 360 bahkan sangat membantu tatkala pengemudi memasuki gang-gang sempit, persimpangan, jalanan padat, juga ketika melakukan parkir.

Cara kerja kamera 360 derajat pada mobil

Pembahasan berikutnya perihal cara kerja kamera 360. Bagaimana sih sebenarnya cara kerjanya? Idealnya, pada sebuah mobil, kamera 360 perlu dipasang pada bagian emblem depan, lalu pada setiap spion, dan berikutnya dipasang pada bagasi, atau pintu belakang (dekat plat mobil).

Kamera 360 derajat yang kerap kali digunakan umumnya mempunyai lensa yang terbilang cukup lebar, dengan variasi ukuran 192 derajat. Lensa dengan lebar ini akan memberikan visualisasi secara detail terkait kondisi sekeliling mobil. Selain itu, dengan bantuan satu frame layar pada bagian pengemudi atau dasboard depan, visualisasi empat kamera akan dipadukan menjadi satu.

Umumnya, kamera 360 akan dibuatkan sistem, dimana kamera akan secara otomatis menyala atau merekam begitu transmisi atau tuas mobil diarahkan ke mode R atau mundur. Maka, kamera di bagian belakang, akan menampilkan kondisi atau lingkungan, sehingga pengemudi bisa memarkirkan mobilnya secara aman.

Selain itu, kamera yang terletak di bagian spion pun akan memberikan visualisasi terbaik akan kondisi pada sisi mobil. Hal ini sebagai upaya memudahkan pengemudi ketika melintas di jalanan padat merayap guna menghindari benturan dengan benda atau kendaraan di sampingnya, ataupun untuk melewati gang sempit di sebuah kampung kecil.

Harga Kamera 360

Kamera 360 terbilang sangat mudah ditemukan baik secara offline dengan membeli di bengkel atau penjual aksesoris mobil ataupun membelinya secara online, misal di Blibli.com. Untuk harga kamera 360 derajat, cukup variatif, terganting dari merk, jenis, dan kapasitasnya. Selain itu, harga pun ditentukan dari jenis mobil yang akan dipasang kamera.

Untuk harga kamera 360 pada mobil, umumnya dijual dengan harga berkisar 6 jutaan. Akan tetapi, beberapa waktu lalu saya searching di Blibli, ternyata harganya cukup terjangkau. bahkan untuk kamera dengan harga ratusan ribu pun ada. Soal kualitas, tentu kualitas barang dari Blibli sangatlah baik dan dijamin original. Maka, bagi anda yang memiliki budget terbatas, bisa mencoba untuk membelinya secara online di Blibli.

Terakhir, ketika anda berniat membeli kamera 360 untuk mobil, pastikan anda memilih kamera dengan resolusi 2K. Karena ketajaman dan kualitas rekaman jauh lebih baik daripada kualitas di bawahnya. Semoga bermanfaat.

By Husain