Rab. Apr 21st, 2021

Penderita yang terdiagnosis asam urat tinggi, tentu sempat merasakan bengkak serta perih di persendian, sebut saja jempol kaki, lutut, ataupun pergelangan kaki. Lalu, bagaimana sih metode atau cara terbaik menyembuhkan asam urat? Tingginya kandungan asam urat memanglah bisa menimbulkan peradangan sendi kronis, atau umumnya dikenal arthritis gout.

Penyembuhan arthritis gout sebisa mungkin mendapatkan arahan dari dokter sebagai solusi terbaik. Tetapi, sebelum berangkat ke dokter, Kamu dapat berupaya meredakan rasa tidak nyaman akibat indikasi asam urat yang menyiksa dengan beberapa alternatif berikut ini.

Memperbanyak minum air mineral

Perbanyaklah minum air mineral, setidaknya apabila Kamu menggunakan rumus yang disarankan, 8 gelas perlu dikonsumsi dalam sehari. Air mineral memiliki khasiat utama menghilangkan toksin dari dalam tubuh melalui urin. Dari peranan inilah, asam urat pun bisa dikurangi rasa sakitnya.

Berolahraga teratur

Gejala asam urat yang parah bisa dikendalikan bila Kamu teratur olahraga. Berolahraga membuat sendi jadi lebih kokoh serta terlatih dengan baik, juga sebagai penangkalan perih yang sering melanda orang dengan gejala asam urat. Meski disarankan tuk berolahraga, tidak semua olahraga bisa dilakukan. Maka kamu perlu mengetahui olahraga apa saja yang direkomendasikan tuk penderita asam urat.

Mengkonsumsi obat asam urat dari dokter

Komsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter merupakan salah satu metode yang sangat efisien tuk merendahkan asam urat. Bila Kamu sudah diresepkan obat asam urat oleh dokter, Kamu perlu komitmen dalam mematuhi ketentuan jadwal minum, serta takaran dosis yang sesuai. Salah satu obat penurun asam urat yang umumnya diresepkan oleh dokter, yakni allopurinol dan colchicine.

Menjaga kandungan insulin

Agar asam urat tidak menjadi-jadi, pastikan Kamu mengaja kandungan insulin agar tetap diambang wajar. Meskipun Kamu tidak memiliki riwayat sakit diabetes, selain mencegah penyakit ini muncul, insulin yang terkendali memungkinkan Kamu dapat meredakan gelaja asam urat.

Makanan yang perlu dihindari Penderita Asam Urat

Faktor paling besar yang menyebabkan seseorang terjangkit asam urat tidak lain ialah dari makanan yang dikonsumsi. Banyak makanan yang mengandung purin, dan dari kandungan itulah muncul asam urat. Purin merupakan kandungan yang kerapkali mengendap pada bagian persendian, dari endapan itu, ternyata tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang perlu dilawan. Agar asam urat tidak semakin menggila, cobalah untuk menghindari jenis makanan berikut ini.

  • Jeroan hewan dan organ lainnya, semisal hati, paru-paru, rempela.
  • Bebek, daging sapi domba dan sapi muda.
  • Makanan laut seperti salmon, makarel, sarden, teri, dan tuna.
  • Udang, kepiting, kerang, dan sejenisnya
  • Jenis kacang-kacangan, termasuk olahannya seperti tahu dan tempe.

Makanan yang direkomendasikan untuk penderita Asam Urat

Selain Kamu perlu menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi, Kamu pun perlu menggangi pola asupan makanan dengan yang bisa menurunkan kadar purin tersebut, diantaranya:

  • Buah-buahan berserat tinggi namun rendah glukosa. Sebut saja seperti jeruk, ceri, pir, dan lainnya.
  • Sayur-sayuran sejenis kentang, terong, atau sayuran dengan warna hijau gelap
  • Produk olahan susu yang rendah lemak, semacam keju cottage dan yogurt

Menurunkan gejala asam urat tidak semudah menurunkan kadar kolesterol, apalagi berat badan. Bisa dibilang, butuh kesabaran dan ketekunan ekstra dalam menjalankan setiap prosedur penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

Nah, bagi Kamu yang memiliki masalah asam urat, Kamu bisa membaca-baca artikel kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc.com. Di sana, banyak sekali wawasan kesehatan yang bisa Kamu dapatkan, utamanya tuk hadapi dan atasi permasalahan asam urat.

By Husain