Jum. Jul 30th, 2021

Pada tahun 2020, terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia (we are social & hootsuite). Hal ini mengartikan bahwa sebanyak 64% dari masyarakat Indonesia memanfaatkan internet dalam kesehariannya. Saat ini, kehadiran internet sebagai pelengkap akan menjadi kebutuhan manusia terutama saat pandemic datang.

PaDi UMKM sebagai platform digital inisiasi BUMN yang bergerak di B2B, B2C, dan eproc ini memiliki keinginan untuk melebarkan kiprah UMKM dalam menghadapi perekonomian di Indonesia terutama saat pandemic COVID-19 hadir di Indonesia dan masih menjadi hal yang dianggap menakutkan untuk para masyarakat beraktifitas seperti sedia kala sementara akibat hal ini banyak UMKM gulung tikar bahkan terancam tidak bisa kembali berjualan akibat turunnya daya beli masyarakat untuk barang-barang yang di dagangkan UMKM.

PaDi UMKM sebagai platform digital B2B, B2C dan eproc ini yakin kemudahan yang diberikan mereka untuk para pelaku usaha UMKM dari mudahnya penjualan dengan cara mempertemukan para pelaku usaha dengan pihak BUMN hingga terdapatnya akses permodalan untuk para pelaku usaha UMKM yang minim modal. Berikut ini, PaDi UMKM sebagai platform digital eproc ini memiliki tips untuk para pelaku usaha pemula UMKM agar memperhatikan cara-cara berikut ini demi keberlangsungan UMKM mereka agar terus maju dan berkembang yang dikutip dari sakoo sebagai platform yang bekerja sama dengan PaDi UMKM sebagai platform digital eproc ini.

Tips Pertama dari platform digital eproc ini adalah, Lakukan inovasi dan fokus pada kebutuhan calon konsumen seperti permintaan masker kain selama masa pandemi melonjak sangat tinggi membuat banyak para pelaku bisnis khususnya di bidang fashion banting setir menciptakan produk tersebut yang saat ini sangat di minati oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan peluang yang dapat di manfaatkan oleh para pelaku bisnis lain nya untuk tetap dapat bertahan selama masa pandemi ini.

Tips kedua dari platform digital eproc ini adalah Optimalkan penggunaan media sosial guna memperlancar proses bisnis yang sedang di jalani saat pandemi, di sarankan bagi para pemilik bisnis untuk dapat mengoptimalkan promosi di media sosial salah satunya anda dapat memanfaatkan endorsement gratis yang di tawarkan oleh beberapa kalangan artis seperti ashanty, aurel hermansyah dan masih banyak lagi, dengan memanfaatkan peluang tersebut akan sangat membantu bisnis anda untuk di kenal oleh banyak orang.

Tips ketiga dari platform digital eproc ini adalah Buka Toko Online di banyak channel, jika anda saat ini belum memiliki toko online, maka ini adalah waktu nya anda untuk mulai membuat toko online Anda. Sakoo adalah platform pengelolaan toko online yang sangat cocok di gunakan oleh para pemilik bisnis yang ingin membuka toko online di banyak marketplace yang terintegrasi.

Sakoo sebagai platform digital yang menjadi bagian dari PaDi UMKM B2C, B2B dan eproc ini memiliki berbagai tips untuk para pelaku usaha UMKM yang ingin membuka bisnis di PaDi UMKM B2C, B2B dan eproc. platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN dan eproc ini memiliki berbagai saran untuk para pembisnis baik itu pemula mupun sudah lama berkecimpung di dunia usaha tersebut

By Husain