Rab. Apr 21st, 2021

Menbung adalah hal yang penting kita lakukan. Selain digunakan untuk memenuhi apa yang kita inginkan, hasil dari tabungan yang kita kumpulkan juga dapat digunakan sebagai investasi masa depan. Kita dapat menabung dengan cara deposito atau tangungan biasa. Sebelum beriat untuk menabung, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu perbedaan deposito dan tabungan supaya kita tahu arah dari tabungan kita tersebut. Sedangkan langkah-langkah yang harus kita lakukan supaya target bisa tercapai adalah dengan melakukan hal-hal dibawah ini.

Buat Taget Menabung

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum menabung yaitu dengan membuat target menabung. Target menabung adalah berapa banyak uang yang harus kita dapatkan selama waktu yang ditentukan, dan juga tulis impian yang akan kalian lakukan ketika tabungan tersebut sudah terkumpul, atau lebih tepatnya adalah latar belakang dari target tersbut. Misalnya dalam waktu 1 tahun kalian harus sudah mengumpulkan uang 5 Juta Rupiah supaya bisa membeli hand phone yang diinginkan.  Dengan adanya target dan latar belakang dari sebuah terget tersebut, akan lebih memotivasi kalian supaya lebih giat lagi dalam menabung.

Tulis Impianmu dikertas lalu Tempel di Dinding

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan supaya tabungan bisa mencapai target adalah dengan cara menulis impian-iimpian kita selama satu tahun. Sesudah kita tulis impian-impian kita disebuah kertas, lalu tempelkan di tempat-tempat yang sering kita lihat, seperti di dinding kamar kita, di dompet, atau di celengan jika kita menabung sendiri tidak di bank.

Seperti halnya pada langkah-langkah sebelumnya, cara ini dilakukan juga untuk memotivasi kalian supaya lebih rajin lagi dalam menabung. Jika kita lebih sering melihat impian-impian kita yang begitu banyak dan harus terwujud, maka gairah menabung kita akan semakin meningkat dan kita juga akan semakin hemat.

Tabungan Bukan Uang Sisa

Langkah-langkah nomor tiga ini adalah langkah-langkah yang harus kita terapkan ketika menabung dengan tehnik bulanan setelah gajian. Jadi kita membuat presentase uang yang harus ditabung dan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan penuh.

Membuat presentase tersebut, bisa dengan melihat acuan banyaknya uang yang harus terkumpul selama waktu yang ditentukan, kemudian dibagi dengan waktu yang sudah ditentukan, maka akan mendapatkan jumlah uang yang harus kita tabung. Dengan begitu kita dapat menentukan banyaknya presentase uang tabungan dari uang gaji.

Contohnya uang yang harus kita kumpulkan yaitu 5 jt dalam waktu satu tahun, maka 5 jt dibagi 12 dan hasilnya adalah Rp. 416.000. kemudian presentasikan hasilnya tersebut dengan gaji kita, maka bisa kita lihat berapa persen uang tabungan kita dan berapa persen uang kebutuhan kita dari uang gaji  selama sebulan. Presentase ini harus benar-benar kita taati, supaya bisa menacpai target dengan waktu yang telah ditentukan.

By Husain